Jenis-jenis Komputer

1. Super Computer


A. Pengertian

Super komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Superkomputer lebih unggul dalam kecepatan daripada komputer di rumah-rumah biasa dengan menggunakan desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya dikhususkan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan tidak bagus hasilnya dalam tugas umum. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang lebar.

Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan kelemahan susunan seri, dan menggunakan hardware sistem paralel untuk mempercepat dari kelemahan sempitnya bandwidth.

B. Cara kerja

Cara kerja Superkomputer sama dengan komputer dirumah bahkan lebih sederhana yaitu 2 mesin digital yang hanya mengenal angka 1 dan 0.Karena hanya mengolah 2 angka ini maka komputer bisa memproses dengan cepat.

C. Contoh Penggunaan

Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

2. Mainframe Computer

A. Pengertian

Komputer Bingkai Utama atau Komputer Kerangka Utama adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

Komputer Bingkai Utama memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Pada tahun 1960an, Komputer Bingkai Utama tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Di masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminalkhusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

B. Cara Kerja

Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapat dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan berbagai sistem pengamanan elektronik. Contoh mainframe komputer: IBM System/360, IBM System/390, Honeywell-Bull DPS 7.

Memiliki Processor lebih dari satu, sehingga memiliki kecepatan proses jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer. Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik. Dapat mengakses pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan timesharing.

C. Contoh Penggunaan

Mainframe sering digunakan oleh organisasi besar misalnya, bank, maskapai penerbangan, perusahaan asuransi dan perguruan tinggi. Di gunakan untuk memproses jutaan transaksi. Pengguna dapat mengakses mainframe melalui set terminal, yang memiliki layar tampilan dan keyboard serta dapat menerima masukan data dan menampilkan keluaran data, tetapi tidak dapat memproses datanya sendiri. Mainframe mampu memproses miliaran instruksi per detik.

3. Mini Computer

A. Pengertian

Mini Komputer merupakan salah satu jenis komputer yang mempunyai kemampuan yang lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer, hal ini disebabkan karena microprocessor yang digunakan jauh lebih unggul. Salah satu contoh mini komputer adalah IBM AS-400. Komputer mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.

Kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.

B. Cara Kerja

Komputer yang digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai.

Penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, karena pembagian waktunya dihitung dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan. Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

C. Contoh Pengunaan

Dalam sistem multi user banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukan data. Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data.

4. Personal Computer

A. Pengertian

Personal komputer merupakan salah satu jenis komputer yang pada awalnya diciptakan hanya untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Namun, Karena harganya yang relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada diperusahaan.

Seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja / pribadi. Biasanya komputer ini adanya dilingkungan rumah, kantor, toko, dan dimana saja karena harga PC sudah relatif terjangkau dan banyak macamnya. Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).

B. Cara Kerja

Personal Computer atau PC bekerja dengan cara sebagai berikut:

1) Input data

Sebuah perintah dari pengguna masuk ke dalam sistem komputer yang disebut input akan diolah oleh CPU (Central Processing Unit)

2) Central Processing Unit (CPU)

Di CPU perintah yang masuk melalui perangkat input diolah di dalam prosesor. Di dalam CPU/prosesor terdapat Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU). Control Unit berfungsi sebagai bos dari ALU yang memberikan instruksi aritmatika atau logika dalam bahasa komputer sesuai dengan data input kepada ALU. ALU melakukan operasi aritmatika atau logika yang diinstruksikan oleh Control Unit untuk selanjutnya ditampilkan hasilnya kepada pengguna atau user melalui perangkat output.

3) Memori

Memori bertugas sebagai jalan masuk data atau akses data ke prosesor sambil menyimpan data sementara saat komputer beroperasi. Cara kerjanya mirip notulis. Memori komputer ada tiga: register, cache memory (tembolok), dan main memory. Register bertugas menyediakan akses yang cepat untuk mengeksekusi program-program komputer. Register menempati urutan pertama dalam hirerarki memori karena kecepatannya yang paling cepat, kapasitasnya adalah paling kecil, dan harga tiap bitnya adalah yang paling tinggi. Selain itu ada tembolok atau cache memory yang bertugas menyimpan data atau instruksi yang sering digunakan. Tembolok minyimpan data atau instruksi yang sering digunakan saat instruksi atau data sedang lewat tembolok. Ada juga main memory yang bertugas menyimpan instruksi atau data utama yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). ROM berisi instruksi permanen dari pabrik yang hanya untuk dibaca saja dan tidak bisa diubah-ubah. Instruksi dalam ROM tersebut merupakan instruksi awal yang harus dilakukan komputer untuk autochecking dan memeriksa semua perangkat keras. RAM berfungsi menyimpan data sementara saat komputer beroperasi tapi akan hilang jika komputer mati.

4) Disk

Disk berfungsi menyimpan data hasil olahan secara permanen. Disk memiliki kapasitas data yang lebih besar dari memori.

5) Output

Output berfungsi memberikan hasil pengolahan data kepada user atau pengguna. Contoh perangkat output adalah monitor dan printer.

C. Contoh Penggunaan

Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang lebih kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya. harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai. Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai, namun dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan.

5. Handheld Computer

A. Pengertian

Handheld computer adalah komputer yang cukup kecil sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil.

Kelebihan dari komputer genggam ini adalah pengguna dapat menyimpan serta mengatur data dengan lebih efisien dan akurat. Biasanya komputer genggam dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Bluetooth memang tepat untuk mencetak secara nirkabel, menghubungkan antara komputer genggam dengan mobile printer. Tidak hanya dengan printer tetapi komputer genggam juga dapat dihubungkan dengan alat-alat lain melalui koneksi Bluetooth.

B. Cara Kerja

Sebagai komputer genggam, PDA memiliki processor dan sistem operasi layaknya komputer biasa. Sistem operasi ini merupakan peranti lunak utama pada PDA. Cara kerjanya sama seperti sitem operasi pada komputer seperti Windows XP atau Mac OS, tetapi didesain khusus untuk PDA. Terdapat dua kesamaan sistem operasi pada PDA yaitu Palm dan Pocket PC (Windows Mobile). Keduanya bekerja dengan program piranti lunak yang berbeda, jadi walaupun berisikan banyak dokumen seperti gambar, musik dan lainnya yang bisa dipakai namun tidak pada pemrogaman. Pada penyimpanan data tanpa kartu memori, data disimpan dalam RAM dengan ukuran puluhan MegaByte, sedangkan sumber energinya berasal dari baterai (dulunya A3) isi ulang. Selain itu, bisa juga menggunakan adaptor yang disambungkan ke stop kontak AC.

C. Contoh Penggunaan

Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat.

Komentar

Postingan Populer