Prosa Lama dan Prosa Baru

Dalam kesusastraan Indonesia kita mengenal jenis Prosa Lama dan Prosa Baru
Yang termasuk ke dalam prosa lama adalah sebagai berikut :

A. Dongeng

Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara terun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur.

Contohnya : Anak Gembala yang Bijaksana, Anak Kambing dan Serigala, dan Angsa dan Telur Emas.

B. Hikayat

Hikayat adalah jenis prosa cerita melayu lama yang mengisahkan kebesaran dan kepahlawanan orang-orang ternama, kadang mirip sejarahnya atau berbentuk riwayat hidup. Dan kata hikayat berasal dari bahasa arab yang berarti cerita dan berasal dari kata kerja haka yang berarti menceritakan.

Contohnya : Hikayat Isma Yatim.

C. Sejarah

Masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku.

Contohnya : Hari Proklamasi dan Hari Kemerdekaan Indonesia.

D. Epos

Wiracarita atau disebut pula epos adalah sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan (wira berarti pahlawan dan caritaadalah cerita/kisah). Epos ini seringkali dinyatakan dalam bentuk syair.

Contohnya : Ramayana, Mahabharata dan Illiad.

E. Cerita Pelipur Lara

Cerita pelipur lara adalah cerita yang bermaksud menghibur orsng ysng sedang sedih, terutama kaum remaja yang sedang terkena asmara. CPL selalu berkaitan dengan hubungan muda-mudi, yaitu pemuda yang mencari pasangannya dengan mengalami berbagai rintangan, tetapi selalu berakhir dengan kebahagiaan. Ceritanya penuh dengan lukisan yang romantic, baik lukisan mengenai para tokohmaupun lukisan tentang tempat (suasana). Tukang cerita pelipur lara disebut pawang.

Contohnya : Hikayat Si Miskin, Hikayat Raja Budiman, dan Hikayat Raja Ambon.

Yang termasuk ke dalam prosa baru adalah sebagai berikut :

A. Cerpen

Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis.

Cerita pendek berasal dari anekdot, sebuah situasi yang digambarkan singkat yang dengan cepat tiba pada tujuannya, dengan paralel pada tradisi penceritaan lisan. Dengan munculnya novel yang realistis, cerita pendek berkembang sebagai sebuah miniature.

Contohnya : Ketika Sahabat Jadi Cinta, Kota Kecil Yang Hilang, dan Penyamaran Seorang Polisi.

B. Novel

Novel merupakan cerita fiksi yang berbentuk prosa, dalam bentuk tulisan atau kata-kata dan mempunyai unsur instrinsik dan ekstrinsik. Sebuah novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya.

Contohnya : Laskar Pelangi, Ayat-ayat Cinta dan Layar Terkembang.

C. Biografi

Biografi adalah buku yang menceritakan riwayat hidup seseorang, yang ditulis oleh orang lain.

Contohnya : Biografi Thomas Alva Edison dan biografi tokoh-tokoh terkenal yang lain.

D. Kisah

Kisah, adalah cerita tentang cerita perjalanan atau pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat lain.

Contohnya : Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan dan Kisah Abdullah ke Jedah.

E. Otobiografi

Otobiografi adalah buku yang menceritakan riwayat seseorang, yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Contohnya : Biografi Alexander Graham Bell.

Komentar

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BANK Terbaru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer